Friday, April 11, 2008

PULANG - Kumpulan Cerpen

Genre : Kumpulan Cerita Pendek
Ukuran : 12 X 17,5 cm (120 halaman)
ISBN : 979-9545-2-5
Terbitan Pertama : November, 2006
Harga : Rp. 28.500,-

*********
Berbeda dari artis kebanyakan, Happy Salma bukan selebritas yang tidak melulu menulis cerita tentang kehidupan manusia urban. Buku kumpulan cerpen Pulang ini meyakinkan kehidupan selebritas bukan hanya kota besar semata. Seperti yang digambarkan dalam cerpen yang berjudul “Pulang”, pembaca akan menjumpai seorang gadis kota menyusuri kota kelahirannya di sebuah desa. Pulang berisi delapan cerita pendek yang melihat kata “pulang” sebagai pondasi cerita di setiap cerita pendeknya. Ada ciri khas yang dituliskan, bagaimana kampung halaman, dunia setelah mati, sampai kerinduan masa kecil menjadi bentuk kata “pulang” yang sesungguhnya. Sebagai kumpulan cerpen, buku Pulang sangat menonjolkan unsur keindonesiaan yang kental. Apalagi, jelajah bahasa yang digunakan sederhana, sehingga semakin menonjolkan keinginan penulisnya untuk kembali pada kesahajaan itu tak kalah indahnya.
Buku ini dihiasi motif batik bukan tanpa alasan. Selain penulisnya adalah selebriti yang mempelajari batik, tapi, unsur pulang sebagai bentuk yang sangat Indonesia, seperti juga batik. Sejumlah cerpen mengisahkan pemandangan desa yang mulai tercemar, sejumlah cerita berkisah tentang keperiah kisah, sejumlah cerita berkisah tentang Indonesia yang terus berubah dari sudut pandang yang berbeda.
_________
Happy Salma
Mojang kelahiran Sukabumi, tahun 1980 ini sangat mencintai seni. Selain kini dikenal sebagai pemain teater, dia duluan masyur sebagai pemain sinetron, presenter, dan bintang iklan. Hobinya menulis, dia tuangkan dalam sejumlah cerpen dalam buku pertamanya ini, Pulang. Kegemarannya membaca karya Pramoedya Ananta Toer, Sutan Takdir Alisjahbana, menandakan kecintaannya terhadap sastra Indonesia klasik.

No comments: